Jumat, 25 Februari 2011

Kegiatan Cinta Lingkungan Hijau Di Sekolah

Kita sebagai siswa/siswi yang cinta akan lingkungan yang hijau kita  dapat bertasipasi aktif untuk kepedulian dan menyelamatkan lingkungan hijau sekolah, walaupun hanya dengan cara yang yang kecil tapi walaupun kecil bila banyak yang melakukan pastinya jadi sangat bermanfaat dung, jadi kali ini kesadaran siswa akan cinta lingkungan juga sangat diperlukan.


Sebenarnya dalam menjaga lingkungan yang hijau itu tidaklah susah, contohnya saja pada para siswa/siswi di sekolah. Berikut saya akan memberikan tips ringan yang patut dicoba nih:


Apa yang bisa kita lakukan sebagai siswa dalam menjaga lingkungan hijau di sekitar kita?

 1. Di Kantin

Setiap apa yang kita beli di kantin pastinya kita pada akhirnya akan menghasilkan sampah juga, dan sampah dari sisa makanan yang kita beli tentunya akan mempengaruhi keadaan lingkungan hidup di sekitar kita, bila seandainya kita tidak menanganinya dengan benar.
Sebenarnya produksi sampah yang dapat membusuk dari kantin dapat kita daur ulang atau dibikin kompos, atau tindakan lebih praktisnya dengan membuang sampah selalu pada tempatnya.
Dan berikut ini hal yang dapat kita lakukan:

1. Jangan membeli terlalu banyak makanan dalam kemasan atau sejenisnya, karena akan memperbanyak sampah plastik di sekitar kita.
2. Belilah buah segar dan bila perlu komposkan sampahnya, agar dapat dijadikan pupuk nantinya.
3. Diskusikan dengan osis anda agar membuat sebuah pusat koleksi daur ulang mini dekat kantin dan gunakan dana yang didapat untuk kegiatan pelestarian lingkungan hidup.

2. Di Kelas

Setiap mata pelajaran di sekolah, lingkungan hidup terintegrasi di dalamnya dan setiap orang membutuhkan sumber daya alam. Kelas dan perpustakaan adalah tempat yang sangat bagus untuk kita belajar tentang kepedulian dan penyelamatan lingkungan hidup.

1. Ajukan pertanyaan dan cari jawabannya tentang permasalahan lingkungan hidup di sekitar kita dan bagaimana dampak atau pengaruhnya bagi kita.
2. Telitilah topik-topik tentang permasalahan dan pelestarian lingkungan hidup di perpustakaan.
3. Jangan membuang kertas, simpan kertas tersebut agar dapat di daur ulang kembali.
4. Hiaslah ruangan kelas dengan tanaman, mural/gambar, poster, dan berita-berita tentang lingkungan hidup.



3. Kegiatan Ekstra Kurikuler

Para siswa juga dapat bekerja bersama dalam membuat dunia terasa menjadi lebih indah dan riang. Anak-anak dapat menemukan dan belajar tentang lingkungan hidup lewat klub kerja bersama.

1. Mulai membentuk klub cinta lingkungan hidup di sekolah.
2. Siapkan papan informasi ( mading ) lingkungan hidup di sekolah sehingga dapat dibaca oleh murid-murid yang lain.
3. Identifikasikan permasalahan lingkungan hidup yang ada di sekitar sekolah dan cobalah mulai untuk memecahkannya dan mencari jalan keluarnya secara bersama-sama. 

4. Di lingkungan Sekolah

Setiap sekolah kayaknya lebih bagus deh kalau misalnya minimal setiap sekali sebulan melakukan suatu kegiatan rutin dimana para siswa/siswi dapat lebih dekat dengan lingkungan hijaunya, yaitu dengan melakukan penanaman dan kegiatan gotong royong, guna  untuk lebih meningkatkan lagi lingjungan hijau yang asri. Bila seandainya lingkungan bersih maka akan sangan membantu kita dalam proses pembelajaran di kelas.

0 komentar:

Posting Komentar