Jumat, 25 Februari 2011

Banyak Hal Yang Dapat Di Hemat Untuk Hijau Kita

Degradasi lingkungan hidup semakin meningkat tahun  ke tahun, khususnya permasalahan sampah yang sangat butuh untuk ditingkatkan penanganannya. Dengan volume sampah yang terus bertambah dalam deret ukur, sementara penanganannya hingga sekarang masih belum memadai untuk dapat menjangkau semuanya. Partisipasi dari pihak masyarakat juga dituntut untuk terlibat dalam prakteknya maupun inovasinya, salah satunya dengan mempopulerkan kegiatan recycle atau pendauran kembali sampah yang digunakan.
Program pendidikan lingkungan hidup berupaya memberikan kepada sumber daya manusia dengan kemampuan (skills) untuk inovatif dan keberlanjutan dalam hal penggunaan sumber daya alamnya. Pengembangan dan peningkatan “leader-leader baru” sebagai kunci dari unsur kesuksesan dan keberlanjutan program. Metode kualitatif untuk mengetahui tingkat kebutuhan melalui pembicaraan informal dan grup diskusi memberikan informasi yang berharga untuk perbaikan dan perencanaan kegiatan kedepan. Melalui kegiatan ini merupakan sebagai pintu masuk dari program panjang tersebut.

Dengan mendaur ulang kertas sebanyak satu ton saja, kita dapat mengemat 17 batang pohon, 14.000 liter minyak bumi, 3 meter kubik lahan pembuangan, dan 26.000 liter air.

Jadi dapat kita renungi dan terapi bahwa :

1. Menghemat pohon, karena dengan bantuan 1 batang pohon saja, kita sudah terlindung dari 27 kilogram polutan yang mencemari udara setiap tahunnya
2. Menghemat bahan bakar, karena itu sama artinya dengan mengurangi pelepasan karbondioksida ke udara yang dapat menyebabkan efek rumah kaca
3. Menghemat lahan pembuangan, karena tempat pembuangan akhir (TPA) juga masih menyisakan permasalahan-permasalahan tentang lahan dan pengolahan sampah.
4. Menghemat air, karena hanya tersedia sekitar 1-3% saja dari seluruh persediaan air di bumi ini, yang siap digunakan (sementara yang lainnya masih berupa air laut dan bongkahan es)

0 komentar:

Posting Komentar